Tak dipungkiri bahwa sepak bola merupakan olah  raga yang dimengerti oleh sebagian orang bahkan orang awam sekalipun. Mereka pun juga mengetahui walaupun sekilas tentang kekuatan timnas sepak bola yang rutin bermain di kompetisi tertinggi olah raga ini, seperti Piala Dunia seperti yang akan diselenggarakan ditahun ini, bulan Juni mendatang. Setelah melakukan sedikit survey, kami mengungkap tujuh timnas sepak bola berdasarkan popularitas dari orang awam.

  1. Brasil
Rivaldo Ronaldo dan Cafu Tiga Punggawa Timnas Brasil yang memenangkan Piala Dunia 2002

Rivaldo Ronaldo dan Cafu Tiga Punggawa Timnas Brasil yang memenangkan Piala Dunia 2002

Jika dilihat dari popularitasnya, banyak penggemar sepak bola yang mengerti olah raga tersebut mendukung Brasil sebagai jagoan mereka disetiap turnamen Piala Dunia, bahkan orang awam pun telah paham bahwa Brasil merupakan kekuatan nomer satu dalam sepak bola. Hal itu terasa wajar mengingat timnas dari negeri samba itu telah mencatatkan namanya sebagai negara yang paling banyak memiliki piala turnament tersebut. Mereka telah memenangkan lima kali di tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002 kemarin. Sementara mereka juga sempat dua kali berada diperingkat kedua dan ketiga.

  1. Argentina
Lionel Messi saat bertanding di Piala Dunia 2014

Lionel Messi saat bertanding di Piala Dunia 2014

Selain Brasil, orang awam juga memilih mendukung timnas Argentina sebagai timnas kesayangannya. Hal ini tak lain dikarenakan pesona Lionel Messi dari Barcelona yang mampu memikat para penonton sepak bola dengan kepiawaiannya. Selain itu Argentina juga memiliki segudang pemain berbakat yang mampu mendongkrak popularitas mereka. Namun sayangnya, mereka baru dua kali merih gelar juara Piala Dunia, yaitu tahun 1978 dan 1986. Bahkan mereka pun hanya mampu menjadi runner up tiga kali dan tak pernah mencicipi juara ketiga atu keempat.

  1. Italia
Pemenang Piala Dunia 2006 Timnas Italia

Pemenang Piala Dunia 2006 Timnas Italia

Yang ketiga, adalah timnas Italia yang dipilih orang awam untuk mereka dukung di Piala Dunia.  Hal ini juga terasa wajar karena dengan kompetisi tertinggi mereka yaitu Serie A, sangat dikenal oleh mereka. Apalagi jika membawa nama Juventus, mereka pun langsung memahami kekuatan sepak bola Italia, walaupun pada dasarnya timnas Italia bukanlah berisi pemain Juventus, dan Juventus juga tak memiliki pemain Italia semuanya. Selain itu, mereka juga tercatat telah empat kali meraih gerar Piala Dunia tahun  1934, 1938, 1982 dan 2006.

  1. Inggris
Timnas Inggris memenangkan Piala Dunia 1966

Timnas Inggris memenangkan Piala Dunia 1966

Inggris merupakan timnas selanjutnya yang mereka dukung di Piala Dunia. Hal ini juga karena kemasyhuran kompetisi tertinggi mereka yaitu Premier League, yang sangat kompetitif. Namun kembali lagi, di Inggris lebih cenderung mengarah ke bisnis walaupun tak mengesampingkan kekuatan pemainnya. Lagi-lagi, para penggemar sepak bola yang awam, terpedaya hal ini sama seperti penggemar timnas Italia. Tengok saja mereka bekerja keras untuk meraih ketertinggalan dengan para rivalnya karena mereka hanya satu kali memenangkan turnamen itu, setengah abad yang lalu.

  1. Spanyol
Timnas Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010

Timnas Spanyol memenangkan Piala Dunia 2010

Spanyol juga menjadi salah satu kekuatan yang diakui oleh para penggemar pemula sepak bola, mereka terpaku juga dengan kekuatan Barcelona dan Real  Madrid, walaupun pemain mereka bukan berasal dari Spanyol semua.  Mereka pun juga baru berhasil meraup gelar juara Piala Dunia untuk pertama kalinya, pada tahun 2010 lalu.

  1. Jerman
Timnas Jerman meraih gelar Juara Piala Dunia 2014

Timnas Jerman meraih gelar Juara Piala Dunia 2014

Timnas Jerman merupakan timnas yang ditakuti oleh para lawannya namun ternyata banyak penggemar sepak bola yang menganggap sebelah mata dengan timnas itu. Padahal mereka telah meraih empat piala turnamen empat tahunan ini yaitu pada tahun 1954, 1974, 1990 dan 2014. Sementara mereka sempat menjadi runner up sebanyak empat kali, dan diposisi ketiga empat kali. Ini artinya mereka merupakan negara paling gigih untuk memperebutkan gelar juara ini.

  1. Belanda
Mantan dua punggawa timnas Belanda Marco van Basten dan Ruud gullit 1988

Mantan dua punggawa timnas Belanda Marco van Basten dan Ruud Gullit 1988

Timnas juga merupakan salah satu timnas yang cukup disegani di kompetisi ini itulah alasan mengapa ia juga masuk dalam tujuh besar timnas yang populer dimata penggemar sepak bola dunia. Namun sayangnya mereka kurang beruntung di turnamen ini. Pasalnya performanya yang kurang stabil saat turnamen ini digelar. Mereka hanya mampu menjadi runner up sebanyak tiga kali sementara di Piala Dunia terakhir 2014 kemarin, mereka meraih peringkat ketiga saja.

Demikianlah ketujuh timnas sepak bola berdasarkan popularitas dari orang awam, yang tak begitu menggemari olah raga ini. Terlihat bahwa dari 5 timnas Eropa yang menjadi favorit di Piala Dunia 2018 yang dibahas di artikel sebelumnya, hanya Inggris dan Jerman timnas yang paling mereka kenal, selain Belanda dan Italia yang memang tak lolos di turnamen kali ini.