Gareth Southgate sempat mengatakan kepada media Standard Sport, setelah menjalani pertandingan persahabatan menghadapi Italia dengan skor imbang 1-1 Selasa di Stadion Wembley. Ia mengatakan  bahwa setidaknya ada 20 pemain yang telah dipastian diurutan teratas daftar nama pemain yang akan dibawanya, namun hal itu bisa berubah mengingat adanya pemain yang sedang memulihkan diri dari cedera, dan sedang fokus menyelesaikan kampanye musim ini di liga domestik masing-masing klubnya. Namun diprediksi inilah skuad timnas inggris piala dunia 2018 yang akan dibawa oleh Gareth Southgate pada bulan Juni mendatang

Gareth Southgate dan squad timnas Inggris 2018

Gareth Southgate dan squad timnas Inggris 2018

Telah diketahui sebelumnya bahwa pertarungan menjadi kiper No 1 di Inggris sangat sengit, namun performa yang salid mampu membuat Jordan Pickford dari Everton untuk mengamankan gawang timnya. Ia pun mampu meredam serangan lawan apalagi saat menghadapi timnas Belanda yang agresif pada tanggal 24 Maret lalu, dalam pertandingan persahabatan dengan skor 0-1.

Ia pun akan di dukung oleh Jack Butland dari Stoke City sebagai back-up utama. Namun keduanya baru sedikit diturunkan kelapangan karena itulah Joe Hart (kiper West Ham) sebagai pemain berpengalaman mereka akan berguna seandainya hal yang tak diinginkan terjadi. Banyak yang mendukung Hart sebagai kiper utama, namun dengan usianya yang memasuki 31 tahun, sepertinya ia harus menggeser opini tersebut.

Southgate akan membuat formasi tiga bek, dimana Kyle Walker akan menjadi starter sisi kanan sementara John Stones merupakan pilihan yang lebih disukai di tengah sementara Eric Dier bisa menjadi gelandang bertahan, namun bisa juga mewakili bek tengah seandainya dibutuhkan.

Hal yang sama juga terjadi untuk Kieran Trippier yang bisa menjadi bek kanan namun bisa juga menjadi gelandang sayap di kanan. Sementara nasib Ashley Young diujung tanduk karena usianya telah mencapai 33 tahun, namun dengan pengalamannya, ia tetap bisa memainkan peran sebagai gelandang sayap di kiri, apalagi karena Danny Rose saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan menit-menit reguler di Tottenham. Meskipun demikian, Rose tetap mendapat kepercayaan dari sang pelatih untuk bertarung di Rusia nanti.

Southgate juga telah mencicipi performa Harry Maguire yang dalam beberapa bulan terakhir ia dimainkan walaupun ia hanya baru bermain empat kali saja. Sementara Cahill walaupun tak pernah dipanggil selama enam bulan terakhir juga akan di libatkan mengingat pengalaman yang telah dimiliinya selama ini.

Jordan Henderson sepertinya masih tetap di lini tengah memuluskan transisi bola menuju lini depan. Sementara Raheem Sterling, Jesse Lingard, Marcus Rashford, dan Jamie Vardy selalu diturunkan kelapangan untuk pertandingan persahabatan menguji performa mereka, terutama untuk mencetak angka.

Alex Oxlade-Chamberlain juga mulai dipercaya oleh Southgate dimana ia bermain ditengah bersama Henderson atau Lingard, apalagi melihat kemunduran mantan pemain timnas yaitu Jack Wilshere yang dimanfaatkan dengan baik dalam dua laga terakhirnya. Meskipun kurangnya waktu permainan bersama Liverpool, Namun Adam Lallana dan akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk diambil pengalamannya.

Tempat Dele Alli tentu akan ada didalam strategi yang diracik Southgate, bersama pasangannya di klubnya Tottenham Hotspur yaitu Harry Kane. Namun mereka saat ini berdua harus fokus dalam pertandingan di klubnya, untuk mengamankan tiket menuju Liga Champions.

Gareth Southgate dan squad timnas Inggris Piala Dunia 2018

Gareth Southgate dan squad timnas Inggris Piala Dunia 2018

Demikianlah skuad timnas inggris piala dunia 2018 yang akan dibawa oleh Gareth Southgate pada bulan Juni mendatang. Semoga dengan sepak terjang timnas Inggris di Piala Dunia hingga saat ini tak sia-sia dan meraih piala setelah 52 absen.Apakah menurut Anda ada lagi pemain yang harus dibawa skuad timnas inggris 2018 bertambah kuat lagi?