Seperti yang diungkapkan oleh media Spanyol Don Balon belum lama ini, Barcelona diketahui sedang merencanakan untuk dapat merekrut gelandang serang Tottenham Hotspur yaitu Christian Eriksen. Namun rencana tersebut  tak diinginkan oleh pemain bintang mereka yaitu Lionel Messi, walaupun untuk bertujuan dapat menggantikan rekannya Andres Iniesta yang usianya mendekati masa pensiun.

Iniesta mengasah dirinya pertama kali saat usianya sepuluh tahun di akademi Albacete namun dua tahun kemudian di tahun 1996, ia beralih menuju akademi Barcelona hingga dipromosikan ke tim utama klub tersebut, pada tahun 2002 hingga kini.

Berbagai penghargaan telah diperolehnya sejak itu dimana ia telah terlibat aktif dalam memenangkan delapan gelar Lam, empat kali juara Liga Champions dan masih banyak lagi diluar penghargaan individu yang telah diterimanya saat ini. Namun walaupun performanya masih apik, ia tak bisa mengalahkan sang waktu dimana usianya akan mencapai 34 tahun pada bulan Mei mendatang. Hal ini membuat klub membutuhkan pemain pengganti yang berkualitas yang menyamai dirinya dan mereka mengincar gelandang serang Tottenham Hotspur yaitu Christian Eriksen.

Christian Eriksen menuju Barcelona

Christian Eriksen menuju Barcelona

Pemain asal Denmark itu merupakan pemain jebolan akademi Ajax yang sempat bermain di tim utama hingga musim panas 2013, sebelum akhirnya ia direkrut oleh Tottenham Hotspur dengan nilai 11 juta poundsterling. Ia pun telah berhasil mendapatkan tempat di tim utama dan menjadi pemain reguler untuk mereka , bahkan ia jarang mendapatkan cedera.

Hingga saat ini gelandang serang itu telah menghasilkan 54 gol dari 218 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi sementara dimusim ini, ia telah menyumbangkan 12 gol dan 10 asisst dari 39 pertandingan yang melibatkannya disemua kompetisi. Tak heran dengan kemampuannya saat ini dilini tengah Hotspur, mampu melirik beberapa raksasa  liga Eropa dimana Barcelona adalah salah satunya.

Tottenham terkenal sulit untuk memasukkan pemain baru dan juga melepaskan pemain andalannya dan hal ini membuat Barcelona harus bekerja keras untuk menggoda sang pemain berikut klubnya. Tentu dengan masa baktinya hingga 2020 mendatang, nilai yang dibutuhkan untuk menebusnya tidaklah sedikit.

Meskipun demikian Barcelona masih memiliki peluang yang cukup besar, pasalnya Tottenham sempat melepaskan pemain terbaik mereka dengan penawaran yang menggiurkan, terutama kebutuhan dana segar untuk membiayai stadion baru mereka. Dan hal ini, bisa menjadi ukuran seberapa besar Barcelona membutuhkan sang pemain di Camp Nou.

Namun diketahui pemain bintang mereka yaitu  Lionel Messi tak menginginkan rencana tersebut karena ia meyakini bahwa sang pemain lebih cenderung serupa dengan Ivan Rakitic dibandingkan dengan Iniesta. Selain itu, Messi juga  merasa bahwa Barcelona telah mendapatkan kandidat terbaik untuk menggantikan Iniesta dalam bentuk Philippe Coutinho, yang mereka tanda tangani dari Liverpool pada bulan Januari lalu.

Lionel Messi bahagia bersama Phillippe Coutinho

Lionel Messi bahagia bersama Phillippe Coutinho

Mereka juga memiliki Carles Alena, dari akademi klub mereka yang cukup menjanjikan walaupun ia masih sangat jarang diturunkan. Dan penandatanganan Eriksen menurut Messi adalah hal yang berlebihan.

Sepertinya cukup bijak pemikiran Leonel Messi yang tak menginginkan rencana klubnya Barcelona merekrut Hotspur Christian Eriksen, dimana saat ini mereka telah menemukan pengganti rekannya Andres Iniesta yang akan pergi dalam waktu dekat dalam bentuk Philippe Coutinho, dan sebaiknya Barcelona mengalokasikan dananya untuk pemain diposisi lain.