Hans-Joachim Watzke selaku CEO Borussia Dortmund belum lama ini mengatakan bahwa dirinya akan membersihkan seluruh tim di akhir musim jika hasilnya tidak membaik dari pada saat ini. Bagaimana tidak, setelah mereka perkasa di awal musim, performa mereka terus melorot bahkan sempat menjauhi empat besar di papan klasemen.

CEO Borussia Dortmund Hans-Joachim Watzke

Hans-Joachim Watzke – Borussia Dortmund

Memang Dortmund sempat bertengger diperingkat pertama klasemen hingga putaran ketujuh musim ini, namun entah mengapa penampilan mereka kian menurun baik di kompetisi domestik maupun Internasional yang membuat pelatih baru asal Belanada mereka yaitu Peter Bosz, dicopot dari jabatannya pada tangga 10 Desember kemarin.

Mereka pun segera menunjuk Peter Stoger, yang merupakan mantan pelatih FC Koln yang juga dipecat, seminggu sebelum Bosz mengalami hal yang serupa, namun walaupun belum maksimal namun masih ada secercah harapan.

Di tengah musim kedua kampanye saat ini, Dortmund merekurt Michy Batshuayi dari Chelsea untuk membantu Stoger beraksi setelah melepaskan striker mereka yaitu Pierre Emerick Aubameyang. Dan hasilnya, sang pemain asal Belgia itu telah mencetak dua gol di pertandingan perdananya pekan lalu serta membabtu membantu Dortmund meraih kemenangan 3-2 melawan tim bawah Bundesliga, FC Koln. Namun tetap saja hasilnya tidak bisa menyamarkan performa tim yang kurang memukau setelah bermain imbang di tiga game sebelumnya.

Saat ini Dortmund berada di posisi keempat klasemen Bundesliga terpaut 19 poin di bawah peringkat pertama yang diisi oleh Bayern Munich, dan Watzke mengatakan mungkin ada penjualan beberapa pemainnya di akhir musim.

“Kami membutuhkan penyesuaian skuad di musim panas mendatang. Semuanya akan lebih jelas setelah paruh kedua musim ini,” katanya kepada media Jerman FAZ.  “Michael Zorc [manajer umum Dortmund] memimpin hal ini, dia tahu pendapat dan harapan saya.”

Ia menambahkan,  “Tim yang memenangkan gelar di tahun 2011 dan 2012 [Bundesliga], tidak sebagus tim hari ini, namun memiliki mentalitas terbaik yang bisa dibayangkan. “.

Memang banyak pemain Dortmund yang  telah gagal menghasilkan penampilan yang konsisten sejauh ini, sebut saja Nuri Sahin, Sokratis Papastathopoulos dan Roman Burki, yang paling signifikan, namun pemain muda Inggris Jadon Sancho, striker Swedia Alexander Isak dan pemain sayap Jerman Maximilian Philipp mampu tampil  mengesankan, memberikan sekilas harapan untuk masa depan Dortmund.

Sepertinya hal yang wajar bisa Hans-Joachim Watzke selaku CEO Borussia Dortmund sedikit marah dengan performa tim dan mengancam membersihkan seluruh tim di akhir musim jika hasilnya tidak membaik dari pada saat ini. Namun yang jadi pertanyaan, siapakah sekiranya yang masuk dalam daftar teratas nantinya di akhir musim.