Pep Guardiola, Jupp Heynckes, Bayern Munich, Manchester City

Pep Guardiola Jupp Heynckes

Menurut situs resmi Bundesliga, pelatih Bayern Munich saat ini yaitu Jupp Heynckes, merupakan pelatih kepala yang berkinerja paling baik di Eropa, bahkan ia pun mengalahkan pelaih Manchester City yang sedang naik daun yaitu Pep Guardiola!

Memang Heynckes baru kembali lagi ke kursi kepelatihan raksasa Liga Jerman tersebut di awal Oktober lalu menggantikan Carlo Ancelotti, namun ia telah membawa 13 pertandingan pertamanya di Bundesliga dengan serentetan kemenangan walaupun sempat mencicipi satu kali kekalahan. Ini berarti ia mampu membantu Bayern mengantongi 36 dari 39 poin yang tersedia. Memang bukan sebuah hasil yang sempurna karena mereka kalah tipis di putaran ke-13 Bundesliga dari rivalnya Borussia Mönchengladbach saat itu.

Meskipun demikian, ia lebih unggul satu poin dibandingkan Guardiola dimana ia telah membawa sebuah kekalahan saat menghadapi Liverpool dan imbang saat menghadapi Crystal Palace. Dan ini menunjukkan bahwa ahli strategi berusia 72 tahun itu tetap memukau walaupun sempat tak melatih hampir lima tahun yang lalu.

Heynckes pun telah berhasil meraih treble, menjuarai Liga Champions, Bundesliga dan DFB Pokal namun lima bulan kemudian, ia digantikan oleh Guardiola. Pelatih muda muda, progresif itu sempat mengasuh Barcelona dengan sangat baik bahkan termasuk paling sukses dalam sejarah klub. Ia pun membawa Bayern tampil tidak mengecewakan .

Di tangan Guardiola, Bayern melanjutkan kemenangan gelar juara yang dihasilkan oleh Haynckes tiga musim secara beruntun, merebut Piala DFB dua kali, namun kejayaan di Liga Champions tak mampu mereka raih.

Guardiola bergabung dengan Man City dan membutuhkan adaptasi berlaga di Premier Legaue namun cara di mana timnya mengendalikan pertandingan belum pernah terlihat sebelumnya. Dan didukung dengan dana besar untuk merombak timnya, akhirnya ia mampu membawa timnya kepuncak klasemen, terpaut 15 poin dengan peringkat dibawahnya yaitu Manchester United.

Namun Heynckes mendapatkan limpahan dari pelatih sebelumnya untuk squad yang ada, mampu mengejar ketertinggalan mereka yang saat itu terpaut lima poin dengan pemuncak klasemen yang diisi oleh Borussia Dortmund. Bahkan hingga saat ini mereka mampu memimpin dengan selisih 16 poin.

Heynckes juga telah membantu mengelola timnya dengan baik dimana dari 13 pertandingan Bundesliga, timnya telah mencetak 33 gol dan menelan 10 gol. Ia pun juga membuat Bayern menyingkirkan Leipzig dan Dortmund dalam perjalanan menuju perempat final Piala DFB, membalas kekalahan mereka terhadap PSG di Liga Champions.

Dengan catatan ini, tidak ada tim di Eropa, bahkan Guardiola yang dapat mengklaim keunggulan Heynckes hingga saat ini.