Karl Toko Ekambi, Angers

Karl Toko Ekambi Angers

Karl Toko Ekambi selaku striker dari Angers, kini sedang diburu oleh beberapa klub yang bermain di Premier League, pasalnya performa yang dihasilkanya di musim in,i mampu menyumbangkan hampir setengah dari jumlah gol yang diperoleh timnya saat ini.

Toko Ekambi merupakan pemain kelahiran Prancis, yang mengasah dirinya di akademi Paris FC. Ia pun dipromosikan untuk bermain di tim utama pada tahun 2010, saat usianya 18 tahun dan menghasilkan 21 gol dari 66 pertandingan selama empat tahun.

Pada musim panas 2014 Ia kemudian diboyong oleh klub yang bermain di Ligue 2, yaitu FC Sochaux-Montbeliard.  Ia pun lebih rutin dimainkan di klub barunya, dimana dalam 72 penampilannya ia menghasilkan 25 gol. Dan hal tersebut membuat Angers tertarik untuk merekrutnya di musim panas 2016.

Ia cukup kesulitan dimusim pertamanya namun dalam 31 penampilannya di Ligue 1 ia tetap menyumbangkan 7 gol. Dan kini ia mampu tampil lebih cemerlang dimana dalam 18 pertandingan di kompetisi tersebut, ia telah mencetak 9 gol, menggenapkan jumlah keseluruhan gol timnya menjadi 21.

Namun sayangnya gol yang dihasikannya belum cukup menyelamatkan timnya dari zona degradasi. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kendala dalam pertahanan dimana hingga saat ini mereka menelan 29 gol, yang menyebabkan mereka menelan tiga kemenangan dan tujuh kekalahan dari 19 pertandingan dimusim ini.

Sejumlah klub tentu memanfaatkan situasi ini untuk memboyong pemain yang berbakat dengan menjanjikan hal yang lebih baik. Sebut saja Everton, Crystal Palace, dan Burnley telah berbaris untuk mendapatkan tanda tangannya, di bursa transfer Januari ini, dan berharap performanya bisa membuat perbedaan ditengah musim kedua.

Sebenanya Internasional Kamerun tersebut, sempat memiliki kesempatan untuk pindah ke Inggris pada musim panas lalu oleh Brighton, namun dikabarkan Ia menolaknya  meski ditawari kenaikan gaji empat kali.

Bos baru Everton yaitu Sam Allardyce, sedang mencari pengganti ketajaman lini depan mereka setelah ia mengasuh klub tanpa Romelu Lukaku, sementara Roy Hodgson yang merupakan pelatih Crystal Palace, bisa melihat Ekambi sebagai pilihan kedua untuk Christian Benteke. Manajer Burnley yaitu Sean Dyche kemungkinan akan diberi dana lebih besar dibursa transfer Januari agar melejitkan posisi Clarets menuju empat besar.

Meskipun demikian masih akan dllihat lagi apakah Angers mau melepaskan pemain yang mungkin akan menyelamatkan mereka dari zona degradasi, ataukah lebih memilih menguangkan Toko Ekambi karena poin mereka hanya selisih satu-dua poin untuk bisa keluar dari zona tersebut.