Manuel Akanji, FC Basel vs Manchester United, Borussia Dortmund

Manuel Akanji saat FC Basel vs Manchester United

Michael Zorc yang merupakan direktur olahraga dari Borussia Dortmund, telah mengintai Manuel Akanji saat timnya, FC Basel, menghadapi Manchester United di Liga Champions bulan lalu. Hal ini diketahui oleh media Blick dan kicker yang meduga bahwa Dortmund berencana untuk memboyong pemain berusia 22 tahun tersebut pada bulan Januari mendatang.

Akanji sendiri memulai memperkaya dirinya di didunia sepak bola melalui akademi FC Wiesendangen pada usia sembilan tahun, namun pada musim panas 2007, Akanji beralih menuju tim muda FC Winterthur yang saat ini bermain di lapis kedua kompetisi sepak bola tertinggi Swiss.

Ia pun dipromosikan untuk bertanding ditim utama pada kampanye 2014-15, namun pada pertengahan April 2015 Ia direkrut oleh FC Basel dan menjalani debutan pertamanya pada akhir September tahun yang sama.

Ia pun berhaisl membantu timnya meraih gelar juara Swiss Super League dua musim secara beruntun dari kampanye 2015-16 dan 2016-17, yang merupakan gelar juara kedelapan secara beruntun di kompetisi tersebut.

Karena itulah Pemain internasional Swiss, diminati oleh beberapa klub raksasa Eropa walaupun memiliki kontrak sampai 2021 mendatang. Bahkan direktur olahraga Basel yaitu Marcel Streller mengindikasikan bahwa mereka terbuka untuk penjualan

“Kami akan menerima [penawaran], saya yakin itu,” kata Streller pada Blick. “Saya melihat para pencari bakat mana yang menghadiri pertandingan Liga Champions kami. Jika kita akan menerima penawaran konkret, kami harus duduk bersamanya dan agennya untuk melihat apa yang terbaik untuk Manu.”.

Dortmund telah berjuang buruk dalam pertahanan dalam beberapa pekan terakhir. Sejak mereka mengalahkan Hamburg 3-0 pada pertengahan September, Dortmund telah kebobolan 31 gol dalam 15 pertandingan di semua kompetisi. Bahkan mereka hanya satu kali meraih kemenangan dalam kompetisi DFB Pokal dengan skor 5-0. Selain itu 10 dari 15 pertandingan tersebut, Dortmund menelan dua gol atau lebih.

Perubahan pada sistem Dortmund yang dibuat oleh pelatih Peter Bosz, yang beralih dari 4-3-3 menjadi 3-4-3, belum membantu timnya bahkan dengan kembalinya bek tengah Neven Subotic, yang telah ditinggalkan dari skuad selama beberapa minggu, juga gagal membawa stabilitas lebih. Karena itu lah mereka perlu pemain baru yang mampu memperkuat pertahanan mereka dengan memboyong Akanji.

Meski pun demikian, akan dilihat lagi seberapa besar Dortmund menginginkannya, karena saat ini ia juga dilirik oleh rivalnya RB Leipzig.