Oscar Garcia, Saint Etienne, Ligue 1

Oscar Garcia Saint Etienne

Oscar Garcia telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Saint-Etienne hanya dalam kurun waktu lima bulan melatih setelah menerima pekerjaan tersebut pada musm panas lalu. Ia melakukan hal ,ini setelah ia menelan kekalahan telak saat menghadapi rival domestik mereka Lyon, dengan skor 5-0.

Oscar sendiri sebenarnya merupakan mantan pemain Barcelona, mulai dari akademi sampai menjalani karir seniornya selama lima belas tahun. Namun karena ia tak menemukan tempatnya di Camp Nou, akhirnya Ia pun pergi menuju Valencia selama semusim dan kembali lagi ke kota Barcelona namun membela RCD Espanyol selama empat musim. Pria asal Spanyol itu akhrinya pergi menuju UE Lleida dan gantung sepatu semusim kemudian, diusia 32 tahun.

Menjelang akhir 2009, Oscar bergabung dengan mantan pelatih Barcelona, Johan Cruyff, menjadi staff pelatih di timnas Catalnia selama setahun. Ia sempat melatih tim muda Barcelona dan akhirnya menjadi pelatih utama mengasuh tim dari Israel Maccabi Tel Aviv FC.

Sempat kembali lagi ke Tel Aviv setelah melatih                 Brighton & Hove Albion dimusim panas 2014, namun mengundurkan diri karena ketegangan politik saat itu. Ia pernah membela Watford, namun dua miggu kemudian resign karena masalah kesehatan yang dialaminya.

Ia kembali duduk di kursi kepelatihan, kali ini membela Red Bull Salzburg menggantikan Peter Zeidler pada akhir Desember 2015. Barulah pada musim panas 2017 ia menggantikan Christophe Galtier, yang menyelesaikan musim lalu keperingkat delapan di Ligue 1.

Pelatih berusia 44 tahun itu membawa Saint-Etienne memulai musim dengan baik dan ia melepaskan jabatannya berada ke peringkat keenam di Ligue 1. Walaupun perjalanan masih panjang, namun kekalahan terakhir yang diderita timnya pada tanggal 5 November lalu menghadapi Lyon, membuatnya mengambil keputusan untuk pergi secara mengejutkan.

Dan akhirnya pada tanggal 15 November lalu ia dan Etienne sepakat untuk menghentikan kerjasamanya. Klub juga menatakan di situs resminya bahwa perpisahan tersebut tidak termasuk uang pesangon dan Oscar Garcia tidak mau dibayar melebihi hari kerja terakhirnya. Dan hal ini juga berimbas dengan kontrak asistennya, Ruben Martinez, Enrique Sanz dan Antonio Puche juga dihentikan.

Julien Sable, Kepala Akademi dan mantan kapten tim, mengambil alih pelatihan tim utama yang membawa Les Verts menuju perjalanan  ke markasa Lille pada pada tanggl 18 November pukul 01.00 WIB.