Mariano Diaz Real Madrid to Lyon,  Mariano Diaz Real Madrid, to Lyon,  Mariano Diaz, to Lyon, Real Madrid

Mariano Diaz Real Madrid to Lyon

Jean-Michel Aulas selaku Presiden dari Olympique Lyonnais telah berterima kasih kepada Karim Benzema karena telah memberi masukan untuknya agar dia bisa menandatangani Mariano Diaz Mejia dari Real Madrid di musim panas kemarin. Sarannya pun didengar dan berhasil dilakukan, yang ternyata mampu memenuhi harapan klub.

Mariano memuai karir sepak bolanya dari usia sembilan tahun di akademi Espanyol. Bertahan empat tahun akhirnya ia melanjutkan menuju CE Premia semala dua musim dan berlanjut menuju Sanchez Llibre. Di klub tersebut Ia hanya bertahan selama semusim dan beralih menuju CF Badalona dan sempat diterjunkan menuju tim utama pada tahun 2011, Ditahun yang sama barulah Ia mendaftar di Real Madrid.

Perjalananya pun cukup panjang dimana Ia harus melalui tim cadangan Real Madrid C namun dimusim keduanya Ia mampu menghasilkan 14 gol dari 26 pertandingan termasuk hat trick di akhir tahun 2013. Di awal musim 2014-15 Ia dipomosikan di tim Castilla, dan perfomanya juga semakin memukau hingga dirinya di promosikan kembali dua musim kemudian.

Penampilannya pun juga apik saat di tim utama, namun Ia jarang dimainkan, mengingat Madrid memiliki tiga algojo yang mematikan, dan sulit digantikan. Meskipun demikian, ia sempat tampil delapan kali saat klubnya meraih gelar juara La Liga dan menjadi cadangan saat Madrid meraih gelar Liga Champion dimusim yang sama.

Ia pun pindah menuju Lyon, dengan tebusan 8 juta euro dengan opsi buy-back pada akhir Juni 2017.

Peralihannya ke juara tujuh kali di Liga Prancis itu terbilang cukup sukses sejauh ini, dengan tujuh gol dalam sembilan pertandingan pertamanya di Ligue 1, termasuk gol pembuka pada kemenangan 3-2 pada akhir pekan lalu atas Monaco.

Tentunya dampak positif pemain asal Spanyol itu membuat Aulas senang dan dia mensyukuri kepada Benzema, sebuah produk akademi pemain muda Lyon, yang telah memastikan Diaz akan sangat cocok untuk mantan klubnya.

“Mariano hebat,” kata Aulas seperti dikutip oleh Football Club. “Dia menunjukkan [melawan Monaco] apa yang telah dia tunjukkan: dampak fisik yang besar, keinginan untuk melihat semuanya. Dia hampir mencetak gol dengan mengistirahatkan Subasic [Danijel]. Dia juga bisa bermain di area terbatas, sesuatu yang semua orang katakan dia tidak bisa melakukannya. “.

Ia menambahkan, “Sepak bola terkadang bisa menunjukkan satu hal satu hari dan sesuatu yang sama sekali berbeda. Bagi Mariano, saya harus berterima kasih kepada orang yang mengatakan bahwa dia adalah pemain yang dibutuhkan OL.”.