Borussia Dortmund, Bundesliga, Liga Jerman

Borussia Dortmund

Tujuh dari 34 pertandingan dimusim ini, yang merupakan lebih dari seperlima musim di Bundesliga,  kekuatan Borussia Dortmun sekarang lebih lengkap. Pasukan Peter Bosz saat ini telah berhasil menempati posisi teratas klasemen. Statistik jelas pun telah menunjukkan di mana kekuatan Borussia Dortmund berada.

Klub berseragam hitam kuning tersebut saat ini memang duduk di tempat pertama klasemen, setelah mendominasi pertandingan mereka dan tercatat rata-rata kepemilikan sebesar 67 persen. Mereka juga telah memiliki kebobolan gol paling sedikit dimana mereka menelan gol saat menghadapi Borussia Monchengladbach dan FC Augsburg di bulan September lalu.

Selain itu mereka juga mampu menahan tembakan kegawang mereka paling sedikit (50), namun tetap tajam menembus gawang lawan. Sementara itu, mereka juga meraih tingkat kemenangan tackle tertinggi (56 persen) di Bundesliga dan saat ini berada di puncak tangga klasemen hanya dengan dua kartu kuning.

BVB berada di puncak peringkat dengan mencetak gol sebanyak 21 kali dimana ini adalah rekor klub setelah bermain di tujuh pertandingan mereka juga memiliki – dan memiliki tembakan paling banyak pada sasaran oposisi di liga (128). Itu setara dengan tingkat konversi hampir satu dari enam, sangat melampaui rata-rata liga satu gol per 10 percobaan.

Lima belas dari 21 gol yang dicetak pada musim ini, sebelas di antaranya telah memasuki babak pertama dan sisanya dibabak kedua. Leipzig berada di urutan kedua dalam hal ini, dengan delapan gol oleh striker (rata-rata liga 4.2).

Kecakapan ofensif Borussia Dortmund sama sekali tidak dapat diprediksi. Tidak akan cukup untuk “menutup” satu pemain individual selama 90 menit, karena 21 gol yang telah dicetak, dihasilkan oleh sembilan pemain berbeda, hampir dua kali lipat jumlah pencetak gol untuk 17 klub lainnya.

Sisi positif lainnya adalah kesuksesan awal musim mereka dari tendangan bebas. Kampanye ini telah melihat skor Dortmund dua kali dari tendangan bebas, yang bukan merupakan kekuatan yang secara tradisional dikaitkan dengan klub.

Mereka pun berada diperingkat teratas klasemen dengan enam kemenangan dan sekali imbang saat menghadapi SC Freiburg dimana mereka unggul lima poin dengan jawara musim lalu, Bayern Munich.