real madrid,barcelona

Rivalitas antara Real Madrid dengan Barcelona dalam La Liga musim ini telah berlangsung ke fase puncak di akhir minggu ini, ataupun partai pamungkas yang menjadi laga final. Lantas, siapakah yang bakal mengakhiri musim dengan titel juara La Liga?

Jelang minggu ke-38, Madrid yang memiliki 90 poin sudah menyalip Barcelona di peringkat 1 klasemen, tepatnya dengan mendominasi 3 poin dari Barca yang menduduki peringkat 2 klasemen.

Walaupun Barcelona terpaut 3 poin dari Madrid, namun Blaugrana masih berpotensi menjuarai liga lantaran mempunyai keunggulan head-to-head dari pesaing sengitnya itu.

Selanjutnya kedua kesebelasan itu bakal melakoni laga krusial penentu juara di hari Senin (22/5/2017) nanti, detailnya dengan Real Madrid kontra Malaga di markas lawan, sementara Barca menyambut Eibar di markas sendiri.

Mengingat kans kelolosan ke Liga Champions serta tim-tim yang terdegradasi di musim depan telah dipastikan, alhasil rivalitas lain yang bakal tersaji di akhir minggu yakni soal perebutan zona akhir klasemen untuk memasuki turnamen Liga Europa (lewat jalur La Liga).

Sejumlah tim deretan tengah seperti Villarreal (64 poin), Athletic Bilbao (63 poin), serta Real Sociedad (63 poin) sekarang ini secara berurutan menduduki peringkat 5, 6, dan 7. Di samping itu, hanya tim yang finis di peringkat 5 dan 6 klasemen La Liga berhak berturnamen di Liga Europa musim depan.

Walaupun begitu, ada pula potensi bahwa ketiga tim itu sama-sama maju ke Liga Europa. Hal itu akan terjadi kalau Barcelona sukses menaklukkan Alaves di putaran final Coppa del Rey di 27 Mei — sang juara Coppa del Rey akan memperoleh tiket Liga Europa dan dikarenakan Barca sudah lolos ke Liga Champions, alhaisl tiket kosong itu akan diberikan ke tim lain di liga.