Impian Juventus untuk jadi juara Liga Champions musim ini sudah selangkah lebih dekat menuju kenyataan. Mereka hanya perlu mempertahankan keunggulan mereka kala mengunjungi markas Barcelona pada pertandingan putaran kedua perempat final Liga Champions yang akan diselenggarakan pada hari Kamis (20 April 2017) dini hari nanti.

Bianconeri sendiri sudah berada di ambang kelolosan ke babak semi final. Pada putaran pertama yang diselenggarakan di Turin minggu lalu, Paulo Dybala dan rekan-rekannya berhasil mempermalukan Barca dengan skor telak 3 – 0. Hal tersebut membuat mereka hanya perlu meraih imbang pada hasil ini untuk lolos ke babak empat besar nanti.

Lawatan Juventus ke stadion Camp Nou tengah pekan nanti adalah lawatan pertama mereka sejak 14 tahun terakhir. Terakhir kali mereka bermain di Camp Nou pada babak perempat final Liga Champions musim 2002/2003 silam.

Ketika itu, La Vecchia Signora berhasil lolos ke semi final setelah mengalahkan tuan rumah dengan skor 2 – 1 melalui babak perpanjangan waktu. Oleh karena itu, mereka menargetkan untuk mengulang kenangan manis tersebut pada hari Kamis nanti.

Namun Juventus harus ekstra waspada dalam laga ini, karena situasi di putaran kedua babak perempat final ini sangat mirip dengan yang terjadi di babak perdelapan kemarin. Pada saat itu Barcelona yang tertinggal 4 – 0 di putaran pertama di markas Paris Saint-Germain, secara mengejutkan berhasil membalik keadaan menjadi 6 – 1 di putaran kedua di Camp Nou.

Tertinggal 3-0, Luis Enrique sepertinya akan memakai pendekatan offensif dengan formasi 3-4-3, dengan trio Neymar, Luis Suarez dan Lionel Messi akan diturunkan sebagai ujung tombak mereka pada laga ini. Di lini tengah, Busquets kemungkinan akan langsung menjadi starter bersama Andres Iniesta, sementara Ivan Rakitic dan Sergi Roberto akan dimainkan lebih melebar pada laga ini.

Dari kubu tim tamu, Masimilliano Allegri sepertinya masih akan memakai formasi 4-2-3-1 dengan Gonzalo Higuain masih dipercaya untuk menjadi striker tunggal pada laga ini. Dia akan didukung oleh Mario Mandzukic, Paulo Dybala dan Juan Cuadrado di sektor gelandang serang. Di lini tengah Allegri akan memainkan Leonardo Bonucci dan Georgio Chiellini, sementara Gianluigi Buffon akan memimpin tim dari bawah mistar gawang mereka.

Prediksi Susunan Pemain:
Barcelona: Ter Stegen; Mathieu, Pique, Umtiti; Rakitic, Busquets, Iniesta, Roberto; Neymar, Suarez, Messi

Juventus: Buffon; Sandro, Chiellini, Bonucci, Alves; Khedira, Pjanic; Mandzukic, Dybala, Cuadrado; Higuain

Prediksi Skor Barcelona vs Juventus: 1 – 0