Tim nasional Argentina akhirnya memecat Edgardo Bauza dari jabatannya sebagai manajer. Federasi Sepakbola Argentina (AFA) memutuskan untuk memberhentikan Bauza beberapa waktu lalu.

Spekulasi mengenai masa depan Bauza di timnas Argentina sempat muncul ke permukaan menyusul hasil buruk yang didapatkan oleh Lionel Messi dan kawan-kawan pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan.

Terakhir, dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018, Argentina dipermalukan dua gol tanpa balas atas kesebelasan Bolivia pada 29 Maret 2017 lalu. Kekalahan itu pun membuat posisi La Albiceleste merosot ke peringkat lima klasemen sementara dengan perolehan 22 poin.

Pada hari Senin (10 April 2017) waktu setempat, AFA mengumumkan secara resmi kepada publik bahwa Bauza sudah tidak aktif lagi sebagai pelatih mereka.

“Dengan keputusan bersama kami sudah membuat kesepakatan, kami sudah mengatakan kepada Edgardo Bauza bahwa dia diberhentikan dari pelatih tim nasional,” ujar Presiden AFA Claudio Tapia seperti yang dilansir dari Reuters.

Bauza sendiri ditunjuk untuk menjabat sebagai pelatih kesebelasan Argentina pada Agustus 2016 lalu menggantikan Gerardo Martino yang juga dipecat pada Agustus 2016 lalu. Tapi Bauza gagal membawa Argentina meraih hasil-hasil yang positif.

Dari delapan pertandingan di bawah kepemimpinan Bauza, Argentina hanya tiga kali menang, dua kali imbang, dan tiga kali kalah. Hasil-hasil buruk di kualifikasi Piala Dunia 2018 membuat Argentina turun ke peringkat kelima klasemen, keluar dari zona aman untuk lolos langsung ke putaran final.

Jika pada akhirnya mereka finis di posisi kelima, Argentina harus menjalani laga play-off untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018. Babak Kualifikasi Zona Amerika Selatan sendiri menyisakan empat pertandingan. Untuk laga kualifikasi berikutnya, Argentina akan menjalani laga tandang kontra Uruguay di Montevideo pada 31 Agustus 2017.

Untuk menggantikan Bauza, Argentina dikabarkan memburu manajer Sevilla, Jorge Sampaoli. Tapi Argentina harus membayar klausul rilis Sampaoli sebesar 1,5 juta euro karena masih terikat kontrak sampai musim panas 2018.