Bayern Muenchen nyaris tidak tertandingi oleh tim-tim lawan dalam beberapa musim terakhir di Bundesliga. Sang kapten, Philipp Lahm menilai jika dominasi Bayern selama ini juga tak luput dari faktor kurang konsistennya penampilan tim-tim rival The Bavarians.

Die Roten sedang menuju titel liga kelima berturut-turut. Saat kompetisi hanya tinggal menyisakan sembilan pertandingan lagi, Die Roten masih unggul 13 poin dari rival terdekatnya RB Leipzig, dan 16 poin dari Borussia Dortmund.

Borussia Dortmund yang dalam beberapa musim terakhir menjadi pesaing kuat, tidak mampu menghadirkan perlawanan berarti kepada Bayern sejak menjuarai liga berturut-turut pada 2010/2011 dan 2011/2012. Sedangkan kekuatan finansial di antara klub-klub turut dipandang bukan sebagai masalah utama.

“Borussia Dortmund adalah adalah salah satu dengan talenta yang paling besar di Bundesliga, yang bisa membuat perburuan gelar Bundesliga menjadi sangat ketat. Mereka sering menyulitkan kami dalam beberapa musim, bahkan sempat berada di atas kami,” ungkap Lahm seperti yang dilansir dari Soccer Way.

“Namun, saya juga harus bilang bahwa tim-tim sisanya di Bundesliga kurang berkualitas dari segi pemain dan permainan.”

“Saya rasa bukan Bayern Muenchen yang bertanggung jawab atas bagusnya perjalanan kmi. Kalau kami memiliki 13 poin setelah 25 pertandingan lebih banyak dari tim-tim lain, itu artinya klub-klub bagus lainnya seperti Schalke atau Wolfsburg tidak cukup konsisten.”

“Lagi pula kekuatan finansial di liga juga tidak berbeda jauh dari tahun-tahun ketika kami finis kedua dan keempat,” tutup Lahm.

Musim ini merupakan musim terakhir Lahm bermain sepakbola. Pemain yang sudah pensiun dari tim nasional Jerman ini memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepakbola profesional pada akhir musim ini.