Gareth Southgate masih belum putuskan siapa yang bakal jadi kapten Inggris. Sang manajer tim nasional Inggris tersebut masih perlukan waktu untuk temukan skenario paling oke.

Wayne Rooney yang sekarang ini menempati posisi sebagai kapten Inggris tidak mendapat panggilan dari Southgate untuk melangsungkan pertandingan internasional pekan ini. Hal tersebut juga bikin kerier dari Rooney di tim nasional jadi bahan spekulasi. Ditambah baru-baru ini Southgate pun mengatakan kalau Rooney perlu bermain reguler di klub kalau ingin masuk tim nasional.

Di tengah menepinya Rooney, Southgate kemudian serahkan posisi kapten pada Gary Cahill ketika Inggris bertemu dengan Jerman di laga friendly pada hari Kamis (23/3/2017) dinihari WIB lalu. Namun Cahill tidak bakal dapat bermain saat Inggris berhadapan dengan Azerbaijan di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada hari Minggu (26/3/2017), sebab akumulasi kartu.

Southgate indikasikan tidak bakal menunjuk seorang pemain sebagai kapten dengan permanen. Bekas pelatih tim nasional Inggris U-21 tersebut berharap bisa membagi tanggung jawab itu dengan bergiliran pada para pemainnya.

“Saya perlukan waktu untuk pikirkan skenario paling oke. Saya telah katakana kalau kami berharap menaruh lebih banyak pemimpin. Kami lakukan hal tersebut dengan menunjuk Gary (Cahill) di Jerman. Saya mengatahui ia tak bakal bermain pada hari Minggu dan ini merupakan peluang untuk berbagi tanggung jawab tersebut,” ucap Southgate.

“Saya anggap para pemain telah tingkatkan penampilan mereka. Ada yang tanpa memakai ban kapten yang tampil dengan bola menjadi pemimpin, dan tampil tak ada bola sebagai pemimpin, dan untuk saya hal tersebut yang amat krusial.”

Joe Hart dikatakan menjadi calon favorit untuk memegang The Three Lions sebab miliki total caps terbanyak di antara skuat sekarang ini (69 caps). Namun Southgate menolak pemikiran itu.

“Hal tersebut merupakan sebuah tanggung jawab, namun sekarang ini hal tersebut berarti Joe bakal terus menjadi kapten. Ini merupakan sesuatu yang ingin saya nilai, namun tak sama penting dengan pastikan ada lebih banyak kemajuan dan lebih sering yang diberi tanggung jawab,” imbuhnya. Lihat berita bola lainnya hanya diĀ http://www.goldewa.com