Gareth Southgate merasa puas dengan performa dari Inggris walau kalah melawan Jerman. Ia cuma sesalkan penuntasan akhir dari timnya yang tak sempurna.

Inggris terpaksa harus akui keunggulan dari Jerman dengan skor akhir 0-1 pada laga friendly yang berlangsung pada hari Kamis (23/3/2017) dinihari WIB, di Signal Iduna Park. Angka semata wayang yang antarkan Jerman menang diciptakan oleh Lukas Podolski pada babak kedua.

Pada pertandingan itu, Southgate — yang untuk pertama kali pimpin Inggris usai statusnya sebagai manajer dari tim nasional dibuat permanen – memakai susunan 3-4-3. Skema itu bikin Inggris bermain lebih menyerang dan dapat melawan Jerman.

Pada babak pertama, Inggris pernah kendalikan permainan dan bikin beberapa kesempatan oke. Namun penuntasan akhir yang kurang oke bikin Inggris tka berhasil catatkan angka. Selama pertandingan, hanya lakukan 11 percobaan Inggris dengan2 di antaranya yang tepat ke sasaran.

Southgate juga menyanjung performa dari Inggris. Ia pun berikan indikasi bakal selalu pakai susunan itu di beberapa pertandingan berikutnya.

“Saya merasa amat senang dengan apa yang telah kami pelajari, sikap lewat performa. Yang kurang cuma penuntasan akhir. Kami mestinya dapat raih hasil positif,” ujar Southgate.

“Saya merasa amat senang dengan performa dari tim, banyak performa individu yang spesial. Yang amat menyenangkan ialah soal taktik baru yang kami pakai, para pemain melaluinya dengan amat apik dan pas dengan mereka.”

“Hal tersebut pun juga cocok dengan lawan yang kami hadapi. Kami tak suka hasil negatif, namun dalam laga seperti ini, penting untuk belajar sesuatu, dan berusaha sebuah hal, dan saya panggap kami telah lakukan itu, dan saya berharap agar para pemain lanjutkan apa yang telah mereka perbuat pada malam ini,” imbuh dia.