Lukas Podolski telah akhiri masa depannya bersama timnas Jerman dengan apik. Ia ciptakan angka satu-satunya atas kemenangan Jerman melawan Inggris 1-0.

Laga yang berlangsung pada hari Kamis (23/3/2017) dinihari WIB, di Signal Iduna Park, Dortmund, adalah pertandingan perpisahan Podolski. Ini merupakan performa terakhirnya sebagai pemain Die Mannschaft.

Sebagai kapten, Podolski tandakan performa terakhirnya tersebut lewat angka yang diciptakan pada babak kedua. Cetak angka itu serta menjadi penentu hasil positif untuk Jerman atas Inggris.

Pada sejumlah menit awal laga, Jerman lebih sering mendapat tekanan oleh Inggris. Pertandingan baru berlangsung 7 menit, Inggris mengatakan kalau penalti usai Jamie Vardy dijatuhkan oleh Marc Andre Ter Stegen. Namun tidak ada penalti oleh wasit.

Lewat tendangan pojok, Inggris memberi ancaman ke gawang Jerman yang dijaga oleh Marc Andre Ter Stegen. Namun kali ini tandukan dari Eric Dier dapat Ter Stegen antisipasi.

Inggris hampir ciptakan angka pada menit 31. Di awali dari buruknya operan Joshua Kimmich, Adam Lallana lakukan serangan balik lewat tengah lapangan. Lallana membawa bola sampai ke area penalti dan selanjutnya lepaskan sepakan. Sayangnya untuk Lallana, tendangan tersebut terbentur tiang gawang.

Jerman tidak tanpa kesempatan. Podolski pernah berusaha lepaskan sepakan dari depan area penalti, namun usahanya tersebut masih melayang di atas tiang gawang.

Serangan yang dilancarkan Inggris hampir menjadi angka pada menit 41. Namun Dele Alli yang tinggal bertemu dengan Ter Stegen tak berhasil tundukkan penjaga gawang Barcelona tersebut.
Usai lebih sering dapatkan tekanan di babak pertama, Jerman berusaha ambil inisiatif di tengah waktu kedua. Tetapi usaha Julian Brandt masih melebar dari gawang Joe Hart.

Pada akhirnya jalan keluar ditemukan pada menit 69. Terima bola dari Andre Schuerrle di muka area penalti Inggris, Podolski kirimkan tendangan keras dengan kaki kiri yang terarah ke pojok kanan gawang Inggris. Hart tidak dapat jangkau bola itu dan ia cuma dapat memberi selamat pada Podolski setelah gawangnya kemasukan bola.

Namun Hart lakukan penyelamatan yang krusial 4 menit selanjutnya. Ia lakukan dengan satu tangannya untuk patahkan kesempatan oke yang diraih Leroy Sane.

Jelang 6 menit pertandingan selesai, Podolski dikeluarkan dan Sebastian Rudy masuk menggantikannya. Tepuk tangan panjang iringi Podolski yang tengah berjalan keluar lapangan.

Skor 1-0 akhiri laga. Kedua tim serentak menatap pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018. Jerman bakal melangsungkan laga di Azerbaijan, sedangkan Inggris menjadi tuan rumah melawan Lithuania pada hari Minggu (26/3/2017).