jurgen kloppAda persoalan serius yang sedang dialami oleh Liverpool saat ini. Manajer The Reds, Juergen Klopp mengakui situasinya sekarang sedang sangat buruk, tapi bukanlah sebuah akhir dari timnya.

Liverpool hanya mampu meraih 1 kemenangan dalam 10 pertandingan di seluruh ajang kompetitif sepanjang 2017 ini. Satu-satunya kemenangan itu mereka raih dari tim level empat Liga Inggris, Plymouth Argyle pada bulan Januari lalu.

Sembilan pertandingan lainnya berakhir dengan empat hasil imbang serta lima kekalahan. Hasil yang paling baru, The Merseyside Gank takluk 0 – 2 kala berkunjung ke markas Hull City, Sabtu 4 Februari 2017 malam WIB.

Sebagai manajer, wajar jikalau Klopp merasa bertanggung jawab penuh atas menurunnya performa Liverpool. Namun baginya saat ini yang tidak kalah pentingnya adalah mencari solusi untuk permasalahan ini.

“Saya bertanggung jawab penuh atas kekalahan-kekalahan yang kami alami, jauh lebih dari yang saya rasakan untuk kemenangan-kemenangan. Sudah seperti itu sepanjang hidup saya. Bukan berarti itu agar saya tidak menderita atau kasihan pada diri sendiri, saya bukanlah orang yang seperti itu.”

“Ketika saya bangun di pagi hari, saya hanya akan memikirkan solusi dari persoalan ini. Ada solusi-solusi, 100 persen. Kami harus mengubahnya, itulah yang terjadi dalam sepakbola.”

Salah satu masalah yang dialami Liverpool saat ini adalah membongkar tim-tim yang bermain sangat defensif, serta tidak kecolongan lewat bola mati dan serangan balik. Dua gol Hull yang dicetak Alfred N’Diaye dan Omar Niasse tercipta dari dua situasi tersebut.