Hakan CalhanogluUsaha Bayer Leverkusen untuk mengakhiri musim di posisi empat besar mendapatkan menjadi semakin berat. Salah satu pemain kuncinya, Hakan Calhanoglu, dijatuhi hukuman berupa skorsing selama empat bulan.

Hukuman tersebut diterima Calhanoglu setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) membenarkan sanksi yang sudah dijatuhkan oleh FIFA. Selain itu, Calhanoglu juga diwajibkan membayar kompensasi kepada klub Turki Trabzonspor sebesar 100 ribu euro.

Calhanoglu dinyatakan bersalah karena pelanggaran kontrak yang yang dilakukannya pada tahun 2011 silam. Ketika itu, dia sudah sepakat untuk bergabung Trabzonspor namun akhirnya justru memperpanjang kontraknya dengan Karlsruher, lalu kemudian bergabung Hamburg.

Atas sanksi ini, pemain berkebangsaan Turki itu dilarang untuk bermain di sisa musim termasuk ketika Leverkusen melawan Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions. Selain itu, Leverkusen juga masih berusaha memperbaiki posisinya di Bundesliga di mana mereka saat ini ada di peringkat kesembilan.

“Kami menyayangkan keputusan ini yang tidak dapat kami pahami. Leverkusen tidak ada sangkut pautnya dengan perselisihan dengan Calhanoglu yang bergabung dengan kami pada 2014 silam dari Hamburg” ujar direktur olahraga Leverkusen Rudi Voeller.

“Ini adalah sebuah masalah besar untuk Hakan dan juga kepada kami kami. Meskipun Bayern Leverkusen tidak terkait apapun dengan masalah ini tapi kami juga harus merasakan hukuman. Sekarang kami akan kehilangan seorang pemain yang penting dalam usaha kami menembus empat besar,” keluh dia.

Calhanoglu direkrut oleh Leverkusen dari Hamburg pada 2014 silam. Sampai kini, dia telah tampil dalam 100 pertandingan di seluruh ajang kompetitif dengan sumbangan 28 gol dan 29 assist, termasuk tujuh gol dan tujuh assist yang telah dibuatnya di musim 2016/2017.