Liverpool mulai kesulitan dalam mempertahankan performa mereka dalam persaingan gelar juara. Andai kata pada akhirnya mereka hanya mampu finis di posisi empat besar, sang manajer Juergen Klopp menilai jika hal tersebut juga pantas dirayakan.

Anak-anak Merseyside ini mulai tercecer dalam persaingan gelar menyusul hasil-hasil yang kurang oke dalam beberapa waktu belakangan ini. Dalam tiga partai terakhir di ajang Premier League, mereka hanya mampu memetik dua hasil imbang serta menelan satu kekalahan.

Posisi The Reds di papan klasemen sementara pun pada akhirnya melorot. Saat ini mereka ada di peringkat empat dengan perolehan 45 poin dari 22 pertandingan, teringgal 10 poin dari Chelsea yang mereka tempel ketat.

Dengan laju yang tersendat saat ini dan selisih yang cukup banyak, Liverpool diyakini hanya akan fokus mengamankan tempat di empat besar lebih dahulu. Lolos Liga Champions adalah hal yang sangat krusial untuk mereka khususnya dari aspek finansial.

Klopp menyatakan jika lolos Liga Champions di Premier League bisa menjadi sebuah prestasi tersendiri, apalagi di kompetisi musim ini persaingannya ketat dengan melibatkan enam tim besar.

“Saya rasa kami masih sangat mungkin untuk lolos di Liga Champions. Kalau kami melakukannya, apakah kami perlu mengatakan ‘Ya, tapi kami kalah di beberapa pertandingan dan itulah sebabnya kami tidak jadi juara’? Apakah boleh merayakan posisi ini?” ungkap Klopp seperti dalam Liverpool Echo.

“Di liga yang sangat ketat ini, juga dengan laju Chelsea yang luar biasa belakangan ini. Tidak ada yang mempengaruhi perjalan mereka. Mereka memainkan musim terbaik dan kami sudah dua kali berhadapan dengan mereka. Posisi empat besar sangat ideal bagi kami.”