Chelsea tampil sangat cemerlang di Premier League musim ini. Mantan gelandang The Blues, Michael Ballack menganggap jika hal tersebut tidak mengejutkan karena mereka fokus mereka hanya di liga domestik.

Chelsea ada di puncak klasemen dengan nyaman sampai pekan ke-22 Premier League. Mengumpulkan 55 poin, anak-anak asuhan Antonio Conte itu unggul delapan poin dari Arsenal yang sementara ada di peringkat dua.

Laju The Blues terbilang sangat stabil sejak Oktober tahun lalu. Dalam 16 pertandingan, 15 di antaranya berhasil mereka menangkan dan hanya satu kekalahan yang mereka alami. Padahal mereka memulai musim dengan kurang sip, hanya meraih tiga kemenangan di enam pekan pertama dan menelan dua kekalahan.

Menurut Ballack, perjalanan mereka di musim ini tidak membuatnya kaget. Absen dari kompetisi Eropa apapun dianggapnya sudah memberikan keuntungan besar khususnya secara fisik, selain itu adaptasi cepat Conte kepada sepakbola Inggris.

“Saya justru lebih terkejut pada musim lalu, mereka begitu buruk. Bahwa mereka adalah pemuncak liga saat ini itu bukan kejutan besar, karena mereka punya keuntungan tidak tampil dalam kompetisi Eropa,” ujar Ballack.

“Kondisi fisik mereka sangat fit, tim sudah beradaptasi dengan baik terhadap pelatih baru, yang telah beradaptasi dengan baik terhadap sepakbola Inggris. Para pemain juga sudah tahu dengan apa yang diinginkan oleh para pelatihnya.”

Di kompetisi musim lalu, Chelsea harus puas hanya bisa finis di peringkat 10 karena start buruk di bawah arahan Jose Mourinho. Mourinho akhirnya diberhentikan kemudian digantikan oleh Guus Hiddink sebagai manajer interi sampai akhir musim.