Masa depan Wayne Rooney di Manchester United sampai saat ini belum jelas. Walaupun baru saja menobatkan diri sebagai legenda MU, faktanya tidak ada jaminan bagi pemain berusia 31 tahun tersebut akan bertahan di Old Trafford.

Kesuksesan MU mempertahankan tren tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan terakhir di semua kompetisi musim 2016/2017 tidak lepas dari peran Rooney. Ia mencetak gol penyeimbang di menit 90+4 kala MU bermain 1 – 1 dengan Stoke City di Bet365 Stadium, Sabtu 21 Januari 2017.

Golnya pun sangat bersejarah. Berkat gol tersebut, Rooney menjadi top skorer sepanjang masa MU, dengan catatan 250 gol. Ia mengalahkan catatan milik Sir Bobby Charlton yang sebelumnya bertahan selama 40 tahun.

“Wayne adalah pemain yang sempurna. Di luar lapangan dia seorang pemimpin dan ketika berada dalam lapangan ia melengkapi. Ia membantu rekan setimnya dan memiliki kualitas besar. Semua orang tahu bagaimana kualitas Wayne. Dan, negara ini harus memberi dia penghargaan,” ungkap Zlatan Ibrahimovic seperti yang dilansir dari Goal.

Belakangan ini nama penyerang yang sudah membela MU sejak 2004 tersebut tengah dikaitkan dengan klub di China Super League. Belakangan ini, klub China berani mengirimkan tawaran menggiurkan kepada para pemain top agar mau hijrah ke sana.

Untuk persoalan tersebut, Jose Mourinho tidak ingin menghalangi jalan Rooney jika memang ingin hengkang ke Tiongkok. Menurut Mourinho, semua keputusan yang berkaitan dengan masa depan ada di tangan Rooney sendiri.