Chelsea punya kebiasaan jika mereka selalu bisa jadi juara Premier League setiap kali ada di puncak klasemen pada hari Natal. Kondisi itu akan terjadi pada Natal tahun ini. Apakah ini adalah isyarat jika The Blues bisa kembali meraih titel pada akhir musim?

Chelsea mengalahkan Sunderland 1 – 0 di Stadium of Light, Kamis, 15 Desember 2016 dinihari WIB, pada pekan ke-16 Premier League. Gol semata wayang dari Chelsea dibukukan oleh Cesc Fabregas pada menit ke-40.

Kemenangan ini memantapkan posisi Chelsea di puncak klasemen sementara. Mereka sekarang sudah berhasil mengumpulkan 40 poin dari 16 pertandingan, unggul enam poin atas rival terdekat mereka, Liverpool dan Arsenal.

Selisih poin tersebut dipastikan membuat Chelsea akan tetap menghuni posisi teratas pada hari Natal. Pasalnya, antara sekarang hingga 25 Desember mendatang, tim-tim Premier League hanya akan sekali bertanding.

Dalam catatan menunjukkan bahwa setiap Chelsea ada di puncak klasemen saat hari Natal, mereka pasti berhasil tampil sebagai juara pada akhir musim. Hal itu terbukti pada musim 2004/2005, 2005/2006, 2009/2010, serta 2014/2015.

“Saya lebih memilih untuk tidak mengamati papan klasemen, baik saya ataupun para pemain saya. Kami melakukan sesuatu yang penting sampai sekarang, tapi liga tidak berhenti sampai di sini. Perjalanan kami masih sangat panjang,” ujar manajer Chelsea, Antonio Conte, di situs resmi klub.

“Kami sekarang sedang memimpin klasemen, tapi masih ada tiga pertandingan sebelum akhir dari paruh pertama musim. Liga ini sangat berat dan akan ada pertarungan sengit di antara beberapa tim sampai akhir,” kata Conte.