Arsenal tidak bisa melanjutkan perjalanan mereka di ajang Piala Liga Inggris. The Gunners ditaklukan dengan skor 0 – 2 dari Southampton di depan para pendukung mereka sendiri.

Menjamu The Saints di Emirates Stadium, Kamis, 1 Desember 2016 dinihari WIB, Arsenal mengawali dengan nyaman melakukan penguasaan bola. Tapi gawang mereka malah kebobolan.

Pada menit ke-13, sebuah tendangan dari Sofiane Boufal mulanya berhasil diblok. Tapi bola pantulan tersebut kemudian disambar oleh Jordy Clasie lalu kemudian bersarang di pojok kanan atas gawang Arsenal.

Setelah kebobolan, Arsenal masih bisa mengendalikan permainan, namun kerepotan ketika masuk di area pertahanan The Southampton. Sejumlah upaya yang dilakukan oleh antara lain oleh Alex Iwobi, Jeff Reine-Adelaide, dan Aaron Ramsey tidak mampu membobol jala The Saints.

Sementara itu, tim tamu justu beberapa kali menunjukkan potensi ancamannya melalui serangan-serangan cepat. Pada menit ke-38, mereka meinggalkan The Gunners semakin jauh.

Melalui pressing, Southampton berhasil merebut bola di sisi kiri. Boufal yang sempat mencoba untuk menerobos pertahanan, kemudian memberikan bola ke Ryan Bertrand di tengah. Bertrand melepaskan tendangan yang sebenarnya cukup pelan, tapi berhasil menyasar pojok kanan bawah gawang Arsenal dan tak mampu dihalau oleh Emiliano Martinez.

Arsenal masih tetap mendominasi dalam penguasaan bola. Tapi mereka juga masih kesulitan saat memberikan ancaman ke gawang Southampton. Hingga babak pertama berakhir, Southampton masih unggul 2 – 0. Hingga pertandingan berakhir, skor tetap bertahan 2 – 0 untuk keunggulan The Saints.

Susunan pemain:
Arsenal: Martinez; Jenkinson (Maitland-Niles 64′), Gabriel, Holding, Gibbs; Coquelin, Elneny (Xhaka 43′); Reine-Adelaide (Chamberlain 62′), Ramsey, Iwobi; Lucas
Southampton: Forster; Martina, Yoshida, Van Dijk, Bertrand; Reed (Hojbjerg 65′), Claise, Davis; Boufal (Sims 66′), Long, McQueen