Arsene Wenger dikenal sebagai manajer yang sangat mengandalkan bakat-bakat muda bersama Arsenal. Dia tak ragu-ragu memberikan kesempatan besar untuk talenta-talenta baru yang masih hijau. Tapi untuk menjadi juara, dia mengaku jika membutuhkan pemain-pemain yang sudah berpengalaman.

Beberapa pemain yang pernah dibina Wenger sejak masih muda antara lain adalah Cesc Fabregas, Aaron Ramsey, Jack Wilshere, bahkan Robin van Persie. Sementara itu untuk saat ini, beberapa anggota squad utama The Gunners juga relatif masih belia.

Sebuat saja Calum Chambers, Rob Holding, dan Hector Bellerin contohnya, yang masih 21 tahun tetapi sudah dianggap bisa menjadi andalan untuk memperkuat di tim utama. Sedangkan Alex Oxlade Chamberlain yang berusia 23 tahun dan Francis Coquelin (25 tahun) sudah sejak beberapa musim terakhir tampil sebagai pemain andalan Wenger.

Walaupun demikian, Wenger sendiri menganggap jika untuk bisa meraih juara, mereka tidak bisa sepenuhnya berharap pada pemain-pemain muda. Tekanan dalam persaingan memburu gelar disebutnya hanya bisa diatasi oleh pemain dengan pengalaman di level top.

“Anda bisa saja memiliki satu atau dua pemain yang bertalenta, seperti pada saat ini kami memiliki Hector Bellerin dan Alex Iwoni. Tapi untuk bisa meraih juara anda juga harus memiliki pemain yang berusia 23 sampai 30 tahun,” ungkap Wenger.

Arsenal memang sudah lama tidak merasakan gelar juara Premier League, terakhir kali mereka meraih juara adalah pada musim 2003/2004. Titel bergengsi yang mereka baru-baru ini dapatkan adalah Piala FA, yakni pada musim 2013/2014 dan 2014/2015.