Pernah bekerja sama dengan Jose Mourinho, Anderson Luís de Souza atau yang biasa dikenal dengan nama Deco tidak terkejut dengan cara manajer Manchester United tersebut dalam mengeluarkan kritikan kepada para pemainnya. Deco menyarankan agar para pemain United tak perlu resisten terhadap Mourinho.

Deco dan Mourinho pernah bekerja sama saat mereka berdua memperkuat FC Porto. Kerja sama mereka pada tahun 2004 membuahkan trofi Liga Champions untuk FC Porto.

Pengalaman bekerja sama itu membuat Deco sedikit banyak paham dengan karakter yang dimiliki Mourinho. Dia menilai apa yang dilakukan oleh Mourinho dengan mengeluarkan kritik kepada para pemainnya dan diungkapkan lewat publik bukanlah suatu hal yang aneh.

Beberapa penggawa The Red Devils sudah menerima kritik Mourinho yang apes buat si pemain, kritik tersebut dilakukan di depan publik. Salah satu pemain yang mempunyai pengalaman buruk itu Luke Shaw. Shaw dinilai bermain sangat buruk dan menjadi penyebab kekalahan MU 1 – 3 atas Watford.

Kemudian Henrikh Mkhitaryan dan Jesse Lingard juga pernah merasakannya. Mereka dikritik oleh mantan manajer Real Madrid dan Chelsea setelah MU dikalahkan oleh Manchester City dalam pertai derby Manchester .

“Jika kalian menjadi adalah bermain untuk klub-klub seperti Chelsea, United, Barcelona, Real Madrid, atau klub besar lainnya, kalian harus selalu siap untuk menampilkan penampilan terbaik. Kalau kalian ingin tampil dalam level tinggi kalian harus bisa berkompromi dengan banyak hal,” kata Deco seperti yang dilansir dari Daily Mail.

“Saya sebenarnya juga tidak senang saat pelatih melemparkan kritikan pada saya, tapi saya menyadari jika dia yang lebih tahu ketimbang para pemainnya dan kadang kala dia melakukannya bukan untuk menekan pemain namun untuk memberikan sesuatu yang berbeda.”