Laga perdana pramusim 2016 baru saja dilakoni oleh Real Madrid tanpa kehadiran pemain andalan mereka, Cristiano Ronaldo. Namun sayangnya mereka menelan kekalahan 1-3 dari jawara Ligue One, Paris Saint-Germain, Kamis 28 Juli 2016 pagi WIB di Ohio Stadium.

Ronaldo memang belum bisa bergabung bersama squad Los Galacticos. Selain karena mendapat jatah libur lebih usai membela timnas Portugal di Piala Eropa 2016, Ronaldo juga sedang berjuang untuk bisa pulih dari cedera yang kini sedang dialaminya.

Saat memperkuat timnas Portugal pada pertandingan final Piala Eropa 2016 melawan Prancis, Ronaldo mengalami cedera lutut. Butuh waktu yang lumayan lama bagi Ronaldo untuk pulih sepenuhnya dari cederanya. Bahkan, Ronaldo sampai harus membawa dokter pribadinya walaupun sedang menjalani liburan.

Tanpa kehadiran Ronaldo, Zinedine Zidane pun mencoba beberapa variasi formasi. Ia pun mencoba salah satu formasi racikannya saat melakoni laga International Champions Cup (ICC) 2016 kontra PSG. Sayang, timnya justru menelan kekalahan dengan skor 1 – 3.

Dalam pertandingan tersebut, Zidane memang lebih banyak menurunkan pemain pelapis. Lini depan Madrid diisi oleh Alvaro Morata, Jese Rodriguez, dan Lucas Vazquez. Untuk lini tengah, Zidane memasang Mateo Kovacic, Isco, dan Casemiro.

Namun formasi tersebut ternyata tidak berhasil. PSG memaksa kiper Kiko Casilla tiga kali kebobolan. Tiga gol dari Les Parisiens dicetak oleh Jonathan Ikone dan dua gol adalah sumbangan dari Thomas Meunier. Madrid hanya mampu mencetak satu gol balasan melalui penalti dari Marcelo di menit 44.

Kalah di laga perdana tentu menjadi awal yang buruk untuk Real Madrid. Pasalnya, waktu persiapan yang mereka miliki sebelum laga Piala Super Eropa 2016 melawan Sevilla di Lerkendal Stadion, 10 Agustus 2016, terbilang cukup sempit. Usai melawan PSG, Madrid pun harus berhadapan dengan Chelsea dan Bayern Muenchen.