Marc BartraMarc Bartra mengungkap alasannya hengkang dari Barcelona pada bursa transfer musim panas ini. Bartra mengungkapkan karena Luis Enrique lah, dia akhirnya mengambil keputusan untuk angkat kaki dari Camp Nou.

Pesepakbola berusia 25 tahun itu sudah berseragam Los Cules sejak bermain di tim junior pada 2002. Namun, pada awal Juni silam Bartra menerima tawaran dari Borussia Dortmund sekaligus mengakhiri jalinan kerjasama dengan Blaugrana selama hampir 1,5 dekade.

Bartra menjalani debut dengan Blaugrana di bawah arahan Josep Guardiola pada tahun 2010. Ketika Los Azulgrana ditangani oleh Tito Vilanova, Bartra menjadi pemain tim utama permanen pada kompetisi musim 2012/2013.

Berikutnya, pada masa kepemimpinan Gerardo Martino, Bartra dimainkan sebagai starter dalam 24 pertandingan dan 6 kali tampil sebagai pemain pengganti. Performa Bartra menarik perhatian Vicente del Bosque yang kemudian memanggilnya ke tim nasional Spanyol.

Akan saat kedatangan Enrique, semuanya berubah. Setelah mecatatkan 22 penampilan sebagai starter dan lima kali tampil sebagai pemain pengganti pada musim 2014/2015, Bartra hanya tampil dalam 12 pertandingan sebagai starter dengan 16 penampilan dari bangkucadangan pada musim lalu.

“Ketika aku menjalani debut berasama Pep Guardioal, aku merasakan dia sangat percaya padaku. Kemudian Tito membuat sebuah keputusan yang merubah hidupku dengan menempatkanku di tim utama. Sementara di bawah kepemimpinan Tata, aku bisa mendapatkan kesempatan untuk bermain bersama tim nasional,” kata Bartra kepada Radio Marca.

“Perfomaku sedang meningkat, namun terhenti saat kedatangan Luis Enrique. Aku mengawali dengan baik dengan dia pada awalnya, namun kemudian aku berhenti bermain. Saat itu adalah 18 bulan yang berat untukku,” sambung dia.