mats hummels
Hengkangnya Mats Hummels ke Bayern Muenchen mendapat apresiasi dari pelatih tim nasioal Jerman, Joachim Loew. Loew menganggap jika hal ini menunjukkan jika kompetisi Bundesliga masih diminati oleh pemain-pemain hebat, tidak kalah jika dibandingkan dengan kompetisi Eropa lain seperti Premier League atau La Liga.

Wajar saja jika Loew berkata demikian, pasalnya dalam beberapa waktu belakangan, Hummels selalu dikait-kaitkan dengan beberapa klub dari dua liga tersebut. Adalah klub-klub raksasa Eropa seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Manchester City, dan Liverpool yang dikabarkan tertarik untuk memakai jasa Hummels.

Namun, Hummels akhirnya memutuskan untuk tetap bermain Jerman walaupun dia sudah tidak lagi memperkuat Borussia Dortmund. Pada kompetisi musim depan, Hummels akan pulang ke Bayern Muenchen setelah setuju menandatangani kontrak untuk jangka waktu lima tahun.

“Banyaknya pemain yang bermain di Bundesliga bisa menjadi bukti jika reputasi Bundesliga tidak kalah dengan La Liga Spanyol dan Liga Premier Inggris,” ungkap Loew seperti yang dikutip oleh Bild.

Namun Loew membantah jika dia yang membuat Hummels tetap bertahan Jerman. Bahkan banyak pihak yang menilai jika Loew merupakan sosok yang membuat Mario Goetze atau Marco Reus bertahan di negara mereka sendiri, walaupun banyak tawaran yang datang dari klub-klub luar Jerman.

“Saya selalu menjalin hubungan melalui telepon atau melakukan pertemuan langsung dengan para pemain dan tentu saja kami bicara mengani banyak hal, tapi yang jelas adalah soal transfer bukan jadi urusan pelatih timnas,” sambungnya.

“Mengenai persoalan ini, Mats Hummels tidak membutuhkan saran apapun dari saya mengenai apa yang dia inginkan dalam beberapa tahun ke depan atau di klub mana dia bisa meraih prestasi terbaik,” tutupnya.