Mantan striker timnas Italia yang sekarang bermain untuk Hellas Verona, Luca Toni, memutuskan gantung sepatu. Pertandingan akhir pekan nanti menjadi penanda penampilan akhirnya.

Keputusan Toni pensiun dikarenakan faktor usia. Sekarang usianya telah menginjak 38 tahun dan bakal bertambah pada 28 Mei mendatang.

Mengawali kiprah profesionalnya di Modena, Toni telah memperkuat banyak klub top. Verona sendiri adalah klub ke-16 dalam perjalanan pemain bertubuh jangkung ini.

Berseragam Bayern Munich adalah salah satu momen terbaiknya di level klub. Ia membukukan 58 gol plus 25 assist dari 89 pertandingan, menyumbangkan dua trofi Bundesliga plus sepasang titel DFB-Pokal. Disamping itu dirinya juga sempat membela Juventus, AS Roma, Fiorentina, dan juga Al Nasr.

Toni pun ikut ambil bagian di skuat timnas Italia yang menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman. Secara keseluruhan dirinya mempunyai 47 caps bersama Gli Azzurri dan mengemas 16 gol.

Musim lalu dirinya tampil gemilang dengan mendulang 22 gol dalam 38 pertandingan Serie A, membuatnya menjadi top skorer bersama dengan bomber Inter Milan Mauro Icardi. Itu sekaligus menasbihkan Toni sebagai peraih gelar top skorer.

Usai 21 tahun berkecipung di pentas profesional, Toni memilih pensiun. Partai kandang menghadapi Juve pekan ini jadi partai pamungkasnya.

“Dalam beberapa waktu terakhir saya berpikir sudah bertahun-tahun bermain sepakbola, saya memutuskan jika akhir pekan ini menjadi pertandingan saya sebagai pesepakbola profesional,” kata Toni dikutip Football Italia.