Chan Yuen Ting

Chan Yuen Ting

Akhir tahun lalu, sama sekali tidak ada yang menyangka jika keputusan klub asal Hong Kong Premier League, Eastren menunjuk Chan Yuen-ting sebagai manajer akan berdampak besar. 4 bulan kemudian, Chan Yuen-ting sukses menjadi pelatih wanita pertama yang berhasil membawa timnya meraih juara Liga Sepakbola pria.

Tidak hanya sensasional menjadi pelatih wanita pertama memenangi liga. Chan juga menjadi pelatih termuda yang memenangkan gelar Hong Kong Premier League dengan sukses mengantarkan Eastern juara di usianya yang barus menginjak angka 27 tahun. Sebelum sukses membawa Eastern juara, sebelumnya Chan juga sukses membawa Sun Pegasus menjadi juara U-18

Selain punya prestasi sebagai seorang pelatih, Chan juga pernah bermain untuk Sha Tin di kompetisi Liga Wanita Hong Kong. Ia juga tercatat pernah bermain bersama dengan Tim nasional Hong Kong.

“Saya memiliki antusiasme yang sangat tinggi dengan dunia sepakbola hingga tesis saya membahas tentang sepakbola, walaupun jurusan pendidikan saya adalah geografi,” ungkap Chan seperti yang dilansir oleh China Morning Post.

Chan juga bercerita jika perasaan cintanya kepada dunia sepakbola sempat ditentang oleh kedua orang tuanya yang lebih menginginkannya menjadi seorang guru. Walaupun begitu, hal ini tidak lantas membuatnya menyerah untuk memantapkan karir di dunia sepakbola.

“Orang tua saya sempat melarang keinginan saya untuk berkecimpung ke dunia sepakbola profesional, karena mereka berpikir masa depan sebagai pemain sepakbola itu tidak menjamin. Terutama untuk lulusan universitas,” sambung Chan.

“Mereka mengira jika karir sebagai guru lebih memiliki masa depan yang cerah. Namun antusias saya untuk sepakbola serta segudang prestasi mampu mengubah paradigma mereka. Saat ini mereka telah mendukung saya sepenuhnya,” tutup Chan.