Kembalinya Luis Suarez ke tim nasional Uruguay membuat para penggawa timnas Brasil harus ekstra waspada padanya. Suarez sedang menjalani momen spektakuler di level klub bersama Barcelona sehingga harus diperlakukan dengan ‘spesial’.

Brasil akan menghadapi Uruguay di Itaipava Pernambuaco di matchday kelima pada Minggu 26 Maret 2016 pagi WIB. Pertandingan ini akan menjadi tanda kembalinya Suarez setelah lebih dari setahun terakhir absen setelah insiden gigitan yang dilakukannya kepada pemain timnas Italia, Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014.

Sebelum kembali ke kancah internasional itu, Suarez memperlihatkan ketajaman yang mengerikan bersama Barcelona. Mantan striker Ajax dan Liverpool ini sukses mengantarkan Blaugrana meraih treble winners di musim 2014/2015 dan telah mencetak total 43 gol dan 22 assist di sepanjang musim ini.

Catatan yang dibukukan oleh Suarez itu merupakan catatan yang terbaik diantara semua pemain Barcelona, jauh mengugguli catatan gol yang dikumpulkan oleh dua rekannya yang sama-sama penyerang di Barca. Lionel Messi mencetak sebanyak 37 gol dan Neymar (27 gol).

Saat ini Brasil sedang menduduki peringkat ketiga klasemen zona CONMEBOL dengan perolehan 7 poin hasil dari empat pertandingan, di bawah Uruguay yang mengumpulkan 9 poin. Selecao akan mencoba meredam kertajaman Suarez demi merebut tiga poin penuh.

“Tentu saja kami akan memperlakukan Luis secara spesial, lebih dari yang akan kami lakukan kepada para pemain Uruguay lainnya. Luis saat ini sedang menjalani musim yang luar biasa bersama Barcelona,” kata kiper Brasil Diego Alves, yang dikutip Soccer Way.

“Lini depan paling hebat yang pernah aku hadapi adalah Barcelona dengan adanya Messi, Suarez, dan Neymar,” jelas Alves, yang memperkuat Valencia itu.