Manajer Tim nasional Italia, Antonio Conte mengakui jika saat ini pekerjaan rumahnya masih banyak untuk bisa membentuk sebuah tim yang kuat dan bisa bersaing di Piala Eropa 2016 mendatang.

Italia mendapatkan tiket ke Piala Eropa dengan status sebagai juara grup dengan catatan tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan selama kualifikasi. Italia akan tergabung di Grup E bersama dengan kesebelasan Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia.

Meski lolos ke babak final dalam turnamen edisi sebelumnya, Italia bukanlah favorit utama di turnamen kali ini. Saat pengumuman hasil drawing bulan Desember lalu, Italia hanya berada di posisi keenam di bawah timnas Jerman, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Inggris.

Belum lagi dalam turnamen besar sebelumnya, yakni di Piala Dunia 2014 di Brasil, Gli Azzurri tidak meraih hasil oke dengan tersingkir langsung di fase grup.

Maka dari itu, laga uji coba melawan kesebelasan Spanyol dan Jerman pekan ini akan jadi sebuah persiapan demi memiliki sebuah tim yang solid agar mampu tampil oke di Prancis musim panas mendatang.

“Aku akan mempersiapkan ini sebaik-baiknya. Saya sangat antusias karena kami akan menghadapi turnamen penting di bulan Juni. Kami bekerja selama dua tahun untuk bisa melaju sampai ke sana,” ujar Conte seperti yang dikutip oleh Soccerway.

“Aku sangat bersemangat dan siap bekerja keras. Ini merupakan pengalaman yang mungkin hanya terjadi sekali dalam hidupku. Aku merasa terhormat bisa dipercaya bekerja di sini. Aku merasa bertanggung jawab penuh atas semua ini,” sambungnya.

“Kami ingin membentuk sebuah tim yang solid. Aku tahu masih banyak tim yang lebih baik daripada kami, tetapi kami akan tetap berusaha yang terbaik,” tutup Conte.