Di kompetisi Premier League musim ini nama Riyad Mahrez memang tidak menjadi topskorer, dia juga bukan pencetak assist terbanyak. Tapi jika kedua hal itu digabungkan, tidak ada yang bisa menandingi keganasan Mahrez di musim ini.

Mahrez menjadi pahlawan kemenangan bagi Leicester City berkat golnya ke gawang Crytal Palace, Sabtu 19 Maret 2016. Gol itu memastikan The Foxes membawa pulang kemenangan 1 – 0 dan mengokohkan mereka di posisi puncak klasemen sementara Premier League.

Gol tersebut membuat Mahrez kini sudah mengoleksi sebanyak 16 gol di Premier League 2015/2016, setara dengan gol yang dibukukan oleh striker Manchester City, Sergio Aguero. Namanya kini menjadi salah satu striker paling ganas di Premier League.

Untuk soal assist, Mahrez memang pencetak assist terbanyak untuk Leicester saja, bukan di Premier League. Di Premier League 2015/2016 sejauh ini koleksi 11 assist masih berada di bawah Mesut Oezil di teratas dengan catatan 18 assist.

Jika kedua hal itu digabungkan, catatannya menjadi sangat luar biasa yakni sebanyak 16 gol dan 11 assist. Dengan catatan itu maka ia sudah terlibat langsung dalam 27 gol The Foxes, setengah dari total 54 gol yang sudah dibuat oleh tim besutan Claudio Ranieri tersebut.

Menurut catatan yang dikeluarkan oleh Opta, tidak ada pemain lain di Premier League saat ini yang lebih banyak terlibat langsung dibandingkan Mahrez, top skorer Leicester City dan Premier League, Jamie Vardy sendiri terlibat dalam 25 gol.

Gol terbaru dari yang Mahrez ciptakan ke gawang Crystal Palace, juga memunculkan sebuah catatan spesial lain. BBC mencatat jika itu merupakan gol tandang ke-12 Mahrez di Premier League musim ini dan tidak ada pemain lain yang lebih subur darinya kala berlaga di markas lawan.