Gelandang Barcelona, Arda Turan kini bisa bermain di posisi yang berbeda-beda setelah berseragam Barcelona. Sang manajer Blaugrana, Luis Enrique menilai jika pemainnya itu sudah bekerja dengan sangat baik.

Turan didatangkan oleh Barca dari Atletico Madrid pada bursa trenafer musim panas lalu dan mendapatkan kontrak untuk jangka waktu lima tahun. Namun, karena saat itu Los Cules sedang menjalani hukuman transfer dari FIFA, Turan tidak boleh bermain dan hanya bisa berlatih saja.

Turan baru bisa diturunkan setelah Barca selesai menjalani sanksinya pada bulan Januari lalu. Dia sejauh ini sudah tampil dalam 12 pertandingan di semua kompetisi dalam balutan seragam Blaugrana dengan sumbangan tiga assist.

Ketika masih berseragam Atletico, Turan biasa bermain menjadi gelandang serang. Namun, setelah bersama Barca, pemain berkebangsaan Turki tersebut harus siap untuk ditempatkan dalam posisi yang lain. Turan kini lebih sering dipasang di posisi sayap kanan atau kiri. Dia juga diharuskan bisa membantu pertahanan.

Ketika Lionel Messi sedang tidak bisa bermain, dia juga harus siap untuk bermain di posisi penyerang sayap kanan. Posisi ini telah ditempatinya pada dua pertandingan.

“Arda bisa dimainkan sebagai seorang gelandang, juga di sektor sisi sayap, dan sampai sekarang yang saya lihat dia bermain dengan baik dalam kedua posisi itu. Setiap sektor memiliki tuntutan masing-masing dan Arda bisa melakukan tugasnya dengan sangat baik,” puji Enrique.

Turan sendiri mengaku jika sampai saat ini terus belajar untuk menyesuaikan diri dengan gaya permainan Barca. Dia menilai jika Barcelona memiliki gaya permainan berbeda dengan klub-klub lainnya.

“Saat pertama kali anda datang ke Barcelona, Anda harus memandang Barcelona sebagai sebuah sekolah. Seluruh dunia menampilkan satu permainan, namun Barca menunjukkan permainan lain. Saya masih belajar disini.” ujar Turan.