Dalam enam musim terakhir hanya ada nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang memperebutkan status topskorer di La Liga Spanyol. Namun di kompetisi musim ini ada yang berbeda, muncul nama baru yang menjadi pesaing ketat Ronaldo, dia adalah Luis Suarez.

Sejak musim kompetisi 2009/2010 hingga 2014/2015, nama Messi dan Ronaldo bergantian jadi pemain yang paling kerap membobol gawang lawan. Dalam enam musim terakhir mereka sama-sama tiga kali meraih gelar topskorer atau Pichichi.

Yang terjadi pada musim ini sedikit berbeda dibandingkan musim-musim sebelumnya, Messi yang biasanya menjadi pesaing Ronaldo sempat absen lama yang membuat perolehan golnya diyakini tidak akan sebanyak musim-musim sebelumnya. Yang menjadi pesaing utama Ronaldo kali ini adalah Suarez.

Pada akhir pekan lalu Ronaldo merebut posisi puncak daftar topskorer. Predikat itu diraihnya setelah mencetak dua gol ke gawang Atletic Bilbao. Sabtu 13 Februari 2016 malam waktu setempat Ronaldo tercatat sudah membuat 21 gol, sementara Suarez baru 20 gol.

Namun Barcelona saat itu belum bertanding. Sekitar 24 jam setelah itu Suarez malah tampil ganas dengan mencetak tiga gol, yang salah satunya dibuat dengan cara unik ketika menyambar umpan penalti dari Messi. Striker berkebangsaan Uruguay itu kini kembali ke posisi puncak dengan perolehan 23 gol sudah dibuat.

Luis Suarez

Luis Suarez

Bisa dibilang tahun ini merupakan tahun keemasan untuk Suarez. Total di semua kompetisi sudah mencetak 39 gol. Rinciannya adalah: 23 gol di La Liga Spanyol, 5 gol di Liga Champions, 5 gol di Copa del Rey, 5 gol di Piala Dunia Antarklub, serta satu lainnya di Piala Super Eropa.

Mantan striker Liverpool tersebut tercatat sudah mencetak sebanyak 34,2 persen dari seluruh gol milik Barcelona.

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Sementara itu Ronaldo sudah mencetak sebanyak 32 gol. Rinciannya adalah 21 gol di ajang La Liga dan 11 gol lainnya di ajang Liga Champions. Ronaldo membuat 34,7 persen dari seluruh gol yang sudah dibukukan oleh Real Madrid.