Makin banyak saja pemain Eropa yang menerima tawaran untuk bermain di klub-klub Liga Super China. Nilai transfer besar serta gaji dengan nominal selangit membuat penawaran tersebut sulit ditolak.

Pemain terakhir yang menerima tawaran bermain Liga Super China adalah Alex Teixeira dengan transfer sebesar 50 juta euro atau sekitar Rp 762 miliar. Dia memilih memperkuat Jiangsu Suning, walaupun sebelumnya sempat menjadi target buruan Liverpool.

Teixiera melanjutkan gebrakan dari beberapa klub asal China yang merekrut pemain asal Eropa dengan nilai yang cukup besar. Beberapa hari lalu Jackson Martinez hengkang ke Guangzhou Evergrande dengan nilai transfer yang luar biasa besar, yakni sebesar 45 juta euro.

Sebelumnya, eks penggawa Chelsea, Ramires juga hengkang dari Eropa dan pindah ke Liga Super China untuk memperkuat Jiangsu Suning, Gervinho ke Hebei Fortune FC, serta Asamoah Gyan bersama Shanghai SIPG.

Tidak hanya pemain top yang tertarik bermain di China. Pelatih-pelatih terbaik dunia juga sudah banyak yang melanjutkan kariernya di sana. Selain Ericksson ada juga mantan polatih tim nasional Argentina, Luiz Felipe Scolari.

Uang berlimpah serta kompetisi yang terus berkembang membuat Liga Super China diyakini masih akan terus jadi magnet untuk banyak pesepakbola Eropa. Apalagi perkembangan sepakbola di China didukung langsung oleh presiden mereka, Xi Jinping yang merupakan seorang yang gila bola.