Penyerang Athletic Bilbao, Aritz Aduriz kembali membobol gawang Barcelona walaupun akhirnya timnya tetap tidak dapat terhindar dari kekalahan. Namun golnya tersebut menjaga asa Bilbao di Copa del Rey.

Menjamu Barcelona di leg pertama babak perempatfinal Copa del Rey di San Mames, Kamis 21 Januari 2016 dinihari WIB, Bilbao kalah dengan skor 1 – 2. Bilbao sudah tertinggal dua gol lebih dulu di babak pertama setelah Barca membuat gol melalui Munir El Haddadi dan Neymar.

Bilbao baru bisa memperkecil ketertinggalan mereka di akhir babak kedua. Aduriz mencetak gol untuk tuan rumah setelah menuntaskan bola operan dari Mikel San Jose ketika waktu normal tersisa satu menit lagi.

Gol tersebut tercatat sebagai gol ke 6 Aduriz ke gawang Barca di era Luis Enrique. Tak ada pemain lain yang mencetak gol lebih banyak ke gawang Barca daripada striker berusia 34 tahun itu selama Enrique menjabat sebagai manajer.

Gol-gol Aduriz yang paling terkenal tentu saja adalah hat-trick ke gawang Barca dalam laga leg pertama Piala Super Spanyol bulan Agustus tahun lalu. Aduriz kemudian mencetak satu gol lagi di leg kedua untuk memastikan gelar juara Piala Super Spanyol menjadi milik Bilbao.

Dengan kalah 1-2 di leg pertama, Bilbao butuh kemenangan dengan selisih dua gol di leg kedua yang akan digelar di Camp Nou pada pekan depan untuk bisa melaju ke babak semifinal. Walaupun mencetak dua gol ke gawang Barca di kandangnya mereka bukan perkara mudah, namun mereka masih ada harapan berkat satu gol dari Aduriz.

“Gol dari Aduriz memberi kami harapan namun kami menyadari kekuatan Barca di kandan mereka sendiri, kami sudah membuktikannya sendiri, tetapi kami harus memaksimalkan peluang yang kami miliki,” ujar pelatih Bilbao, Ernesto Valverde.