Belum pernah ada tim yang berhasil mempertahankan gelar Liga Champions sejak terakhir AC Milan yang melakukannya pada 1989 dan 1990. Mampukah Barcelona melakukannya pada musim ini?

Sejak berganti nama dari European Cup menjadi Liga Champions pada 1992, belum pernah ada tim yang menjadi juara pada dua musim berturut-turut. Oleh karenanya, jika Barcelona berhasil juara lagi pada musim ini, mereka menjadi klub pertama yang bisa melakukannya sejak dinamakan Liga Champions.

Pemain depan Blaugrana, Arda Turan, mengungkapkan bahwa pembahasan mengenai mempertahankan gelar Liga Champions merupakan sesuatu yang sangat sering dibicarakan di ruang ganti tim. Los Azulgrana sangat termotivasi untuk menjuarai turnamen tersebut pada musim ini.
turan“Kami semua berharap untuk bisa menjadi juara Liga Champions dalam dua musim berturut-turut. Soal itu selalu kami bicarakan di ruang ganti, motivasi kami adalah kami ingin menjadi tim pertama yang bisa mempertahankan juara Liga Champions” ungkap Turan kepada Marca.

Blaugrana meraih trofi juara Liga Champions pada musim 2014/2015 setelah mereka mengalahkan Juventus 3-1. Raihan trofi tersebut pun menyempurnakan gelar treble winners mereka.

Sudah lima trofi Liga Champions yang berhasil diraih oleh Barcelona. Sebelum tahun 2015, mereka berhasil menjadi juara pada tahun 1992, 2006, 2009, dan 2011.

Turan sendiri belum pernah merasakan bermain di pertandingan final Liga Champions. Pada tahun 2014, ketika mantan timnya, Atletico Madrid berhasil lolos ke putaran final, dia tidak bisa bermain karena sedang mengalami cedera.