Akhir pekan ini Arsenal akan mengawali usahanya mempertahankan gelar di Piala FA, sekaligus untuk mencetak hat-trick dengan menjuarainya tiga kali berturut-turut. Arsenal belum pernah lagi gagal menjadi juara di Piala FA usai disingkirkan Blackburn Rovers pada babak kelima musim 2012/2013.

Catatan positif tersebut akan coba dilanjutkan ketika berhadapan dengan Sunderland di Emirates Stadium pada akhir pekan ini dalam partai babak ketiga, Sabtu 9 Januari 2016. Menurut catatan yang dihimpun oleh Reuters, Arsenal baru sekali menelan kekalahan dalam 22 pertemuan sebelumnya dengan Sunderland yakni pada partai babak kelima Piala FA di tahun 2012.

The Gunners sendiri, yang sekarang sedang memimpin klasemen sementara Premier League, sudah menjadi tim pertama yang memiliki koleksi 12 trofi Piala FA melewati 11 gelar yang dimiliki oleh Manchester United.

Leicester City, yang di kompetisi Premier League musim ini tampil menawan dengan menempati posisi dua klasemen sementara, akan menjalani laga sengit dengan tim penghuni peringkat empat Premier League Tottenham Hotspur di White Hart Lane.

Tottenham, yang pernah mengalahkan Leicester di babak final tahun 1961, akan memiliki motivasi ekstra untuk melakukan pembalasan atas kekalahannya dari The Foxes pada babak keempat tahun lalu.

Sementara itu, Manchester City yang di papan klasemen liga sedang menempel ketat Leicester City dari posisi tiga juga akan berhadapan dengan sesama tim Premier League Norwich City. The Citizens akan menghadapi laga tersebut dengan misi segera bangkit usai kalah 1-2 dari Everton dalam partai leg pertama semifinal Piala Liga Inggris.

Chelsea, sang juara bertahan Premier League yang saat ini posisinya masih terseok di peringkat 14, akan menjamu Scunthorpe United yang merupakan tim divisi ketiga Inggris.