Mantan manajer tim nasional Inggris, Fabio Capello menilai jika acara pemberian penghargaan Ballon d’Or merupakan sebuah acara yang aneh. Sebab, menurutnya, pengharagaan ini seringkali hanya dimenangkan oleh seorang penyerang.

Pernyataan mantan pelatih yang pernah membesut AC Milan ini sepertinya memang. Seperti misalnya tahun ini, di mana tiga kandidat pemenang yang akan diumumkan pada bulan Januari nanti semuanya adalah seorang striker yakni Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Neymar.

Melihat kenyataan seperti itu, Capello menilai jika pemain hebat yang tidak berposisi sebagai penyerang misalnya Franco Baresi atau Paolo Maldini, keduanya merupakan mantan kapten dan bek AC Milan, tidak akan pernah memenangkan Ballon d’Or.

“Ballon d’Or merupakan sebuah penghargaan yang aneh karena kebanyakan hanya diperebutkan oleh seorang striker karena gol yang menjadi patokan,” ungkap Capello.

“Jika saya pemain yang bukan striker seperti Baresi dan Maldini tidak akan pernah menjadi pemenang di Ballon d’Or. Saya pikir rasanya ini seperti hal gila,” lanjutnya.