Rafael Benitez ternyata tidak menjadi pilihan pertama Real Madrid usai memecat Carlo Ancelotti. Sebelum memutuskan untuk merekrut Benitez, manajemen Los Galacticos dikabarkan sempat memiliki keinginan untuk merekrut pelatih klub AS Roma, Rudi Garcia.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez sudah bertolak ke Kota Roma, Italia untuk mengajukan penawaran kepada Garcia. Namun manajer berkebangsaan Prancis tersebut akhirnya menolak untuk menangani skuat bertabur bintang yang dimiliki Los Blancos dan memilih fokus melanjutkan karier bersama I Giallorossi.

“Rudi didekati oleh beberapa tim pada musim panas 2015. Real Madrid menjadi salah satu yang mendekatinya. Namun ia menolak tawaran yang diberikan secara langsung oleh Florentino. Rudi juga banyak menolak ajakan klub-klub Liga Primer Inggris. Ia lebih memilih bertahan di Roma,” tulis La Repubblica.

Real Madrid akhirnya mencari kandidat pelatih baru dan memutuskan untuk menggaet Benitez usai mendapat penolakan dari Garcia. Benitez pun bersedia menjadi pelatih Los Merengues sepeninggal Carlo Ancelotti yang dipecat pada akhir musim 2014–2015.

Sejauh ini, banyak yang menilai jika keputusan Reak Madrid menunjuk Benitez merupakan suatu kesalahan. Pasalnya penampilan dari Cristiano Ronaldo dan rekan-rekannya kurang cemerlang selama mendapat arahan dari Benitez.

Kekalahan dari Barcelona di laga El Clasico dengan skor telak 0 – 4 pada bulan November 2015 lalu menjadi salah satu rapor merah Benitez selama menukangi El Real.